Gen Z Cihara Siap Mitigasi Perubahan Iklim bersama Amanah Takaful dan Komunitas Peduli Pantai dan Laut Banten Selatan

Cihara, Lebak, Banten – Senin, 29 April 2024, SMAN 1 Cihara berkolaborasi dengan Amanah Takaful dan Komunitas Peduli Pantai dan Laut Banten Selatan (KPPLS) dalam menyelenggarakan kegiatan edukasi bertajuk “Mitigasi Perubahan Iklim bersama Gen Z”. Kegiatan ini diikuti oleh 33 orang pelajar dan aktivis Gen Z di wilayah Cihara.

Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada para pelajar dan Gen Z mengenai langkah-langkah sederhana dalam mitigasi perubahan iklim, serta menumbuhkan kesadaran mereka akan pentingnya peran mereka dalam mendukung upaya mitigasi tersebut.

Acara ini dibuka dengan sambutan dari Kepala Sekolah SMAN 1 Cihara, yang menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan ini. Ia menekankan pentingnya peran Gen Z dalam memerangi perubahan iklim, mengingat mereka adalah generasi yang akan mewarisi bumi ini.

“Gen Z memiliki potensi besar untuk menjadi agen perubahan dalam mengatasi perubahan iklim,” ujarnya. “Kegiatan edukasi ini diharapkan dapat membekali mereka dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengambil tindakan nyata.”

Materi edukasi dalam kegiatan ini meliputi:

  • Pemahaman Dasar tentang Perubahan Iklim: Para peserta diajak untuk memahami definisi, penyebab, dan dampak perubahan iklim.
  • Langkah-Langkah Sederhana Mitigasi Perubahan Iklim: Dipaparkan berbagai langkah mudah yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari untuk mengurangi emisi gas rumah kaca, seperti hemat energi, mengurangi penggunaan plastik, dan mendaur ulang sampah.
  • Peran Gen Z dalam Mitigasi Perubahan Iklim: Gen Z didorong untuk menjadi agen edukasi bagi orang lain, terlibat dalam aksi-aksi pelestarian lingkungan, dan mendukung kebijakan ramah lingkungan.

Para peserta tampak antusias mengikuti kegiatan ini. Mereka banyak mengajukan pertanyaan dan berdiskusi dengan narasumber, menunjukkan tingginya minat mereka terhadap isu perubahan iklim.

Salah satu peserta, Rara, mengungkapkan rasa senangnya setelah mengikuti kegiatan ini. “Saya jadi lebih paham tentang apa itu perubahan iklim dan apa yang bisa saya lakukan untuk membantu mengatasinya,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa ia akan menerapkan langkah-langkah sederhana dalam mitigasi perubahan iklim dalam kehidupan sehari-hari. “Saya akan mulai mengurangi penggunaan plastik dan menanam pohon di rumah,” katanya.

Kegiatan edukasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran para pelajar dan Gen Z tentang pentingnya mitigasi perubahan iklim dan mendorong mereka untuk mengambil peran aktif dalam upaya pelestarian lingkungan.

Lokasi Kami

Jl Jagakarsa 1 No. 41B RT 05/02 Kelurahan Jagakarsa Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan. 12620

Kontak Kami

Phone : (021) 72735254

Email : admin@amanahtakaful.org

© 2024 – Amanah Takaful