; Semeru muntahkan lava, Amanah Takaful kirim relawan - Amanah Takaful

Aktivitas gunung Semeru terus meningkat. Terpantau pada Rabu ( 23/12/2020) terlihat awan panas terus meluncur dari puncak gunung tersebut melewati kawah-kawah aktif menuju aliran sungai lava yang berada di lerengnya. Awan panas guguran itu meluncur ke arah Curah Kobokan, Kabupaten Lumajang dengan jarak luncur sejauh 2 hingga 3 kilometer dari kawah.

Membantu masyarakat yang terdampak bencana tersebut Yayasan Amanah Takaful mengirimkan tim relawan yang terdiri dari tim medis dan tim psycosocial ke salah satu dusun yang terdampak cukup parah yaitu dusun sumbersari desa sapiturang kecamatan pronojiwo kabupaten Lumajang Jawa Timur. Dusun tersebut terletak kurang lebih 3-5 kilometer dari lereng merapi dan memaksa ratusan warga yang tinggal di lokasi tersebut hidup dalam kecemasan.

Amanah Takaful berkesempatan memberikan dukungan kepada warga yang terdampak dengan membuka layanan kesehatan di 3 titik yakni di RT 09, RT 10 dan RT 11 yang terdampak cukup parah. Puluhan warga sangat antusias mengikuti program tersebut. Keluhan seperti ISPA, gatal – gatal, demam dan pusing kerap dikeluhkan warga.

Selain itu tim relawan juga menggelar kegiatan psycosocial untuk membantu memulihkan trauma yang dihadapi anak-anak yang turut menjadi korban pada musibah tersebut dengan mengajak mereka bermain dan memberikan mereka makanan ringan untuk menambah keceriaan mereka dan segera dapat melupakan musibah yang baru saja terjadi. Aksi ini digelar bersama dengan tim BPBD Lumajang dan Laz Harfa serta Mathlaul Anwar Care dan berlangsung selama 3 hari sejak tanggal 17 hingga 21 Desember 2020.